Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi

Riwayati Zein, Zein and Suci Putri, Amelia and Winda Noprina, Noprina (2022) Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi. LLDIKTI Wilayah X, 7 (1). pp. 2502-0714. ISSN E ISSN : 2502-0714

[thumbnail of Curriculla.pdf] Text
Curriculla.pdf - Published Version

Download (284kB)
[thumbnail of turnitin Parental roles in the vocabulary development of children aged 5-6 years during the pandemic.pdf] Text
turnitin Parental roles in the vocabulary development of children aged 5-6 years during the pandemic.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lebih dari 80% anak usia dini di TK Aisyiyah 14 Ampang Padang kurang aktif dalam pembelajaran. Anak lebih sering diam ketika ditanya guru. Anak tidak bisa memberikan jawaban. Ada juga yang memberikan jawaban namun tidak sesuai dengan pertanyaan guru. Guru menjadi kesulitan dalam memaksimalkan interaksi saat belajar karena belajar juga dilaksanakan secara daring. Hal tersebut menunjukkan perlunya peran orangtua dalam memaksimalkan pembelajaran di rumah selama masa pandemi. Agar perkembangan penguasaan kosakata anak dapat berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimanakah peran orang tua dalam pengembangan kosakata anak 5-6 tahun pada masa pandemi di TK Aisyiyah 14 Ampang Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertujuan menceritakan keadaan sebenarnya tentang peran orang tua dalam pengembahasan kosa kata anak.Instrumen penelitina yang digunakan adalah kuesioner yang disebar ke sampel penelitian yakni 76 orang tua anak di TK Aisyiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pengembangan kosakata sudah baik. Orang tua berperan dalam : 1.membiasakan pola hidup bersih, anak sudah mengerti menggunakan kosakata kebersihan, mencuci dan membersihkan 2.menciptakan lingkungan yang nyaman, anak sudah mengerti menggunakan kosakata nyaman, aman dan tentram. 3. sebagai role model, anak sudah mengerti menggunakan kosakata memberikan contoh dan memberi petunjuk, 4. menemani anak saat belajar, anak sudah mengerti menggunakan kosakata didampingi dan menuntun. 5. bermain bersama, anak sudah mengerti menggunakan kosakata kolaborasi, menghargai dan menghormati

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, kosakata, pandemi
Subjects: Universitas Adzkia
Depositing User: Yofhanda Septi Eirlangga
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:59
Last Modified: 06 Sep 2022 13:05
URI: https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item