ANALISIS PENGGUNAAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MENGHAFAL HADIS DI KELAS 5 SDIT SYAHIRAL ILMI BUKIT TINGGI

Ismira, Ismira and As Sayfullooh, Istiqomah and Jendriadi, Jendriadi and Melindawati, Silfi (2022) ANALISIS PENGGUNAAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MENGHAFAL HADIS DI KELAS 5 SDIT SYAHIRAL ILMI BUKIT TINGGI. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11 (3). ISSN 2303-1514

[thumbnail of Primary Jurnal Ismira, Istiqomah dkk.pdf] Text
Primary Jurnal Ismira, Istiqomah dkk.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of Similarity analisis  metode tikrar 22%.pdf] Text
Similarity analisis metode tikrar 22%.pdf

Download (4MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan Tikrar sebagai metode
untuk menghafal hadis pada pembelajaran tatap muka terbatas dan pengaruhnya terhadap
hafalan hadis peserta didik. Metode tikrar dapat dipahami sebagai metode menghafal yang
menekankan pada pengulangan bacaan sehingga tertinggal dalam memori jangka panjang
peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan peneliti
sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode tikrar
dilakukan masing-masing peserta didik di kelas dengan suara yang dikeraskan di bawah
bimbingan guru. Pada akhir pertemuan, peserta didik diminta untuk melafalkan kembali hadis
yang telah mereka Tikrar-kan tanpa melihat teks. Berdasarkan hasil observasi, wawancara
dan dokumentasi, metode tikrar dapat membuat peserta didik lebih mudah menghafal hadis.
Keefektifan metode Tikrar dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat hafalan seperti hafalan
AlQur’an dan hafalan hadis sebagaimana hasil penelitian ini, menghasilkan kesimpulan
sekaligus rekomendasi agar sekolah-sekolah Islam menggunakan metode tikrar dalam
pembelajaran Alquran dan hadis.

Item Type: Article
Subjects: Universitas Adzkia
Depositing User: Unnamed user with email edipurwanto88@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:04
Last Modified: 12 Sep 2022 08:16
URI: https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item
View Item