Riwayati Zein, Zein and Roza Dahlia, Dahlia and Ana Diana Tonara, Tonara (2020) PENGARUH KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHAKTI BUNDA PADANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (3). pp. 1652-1657. ISSN ISSN: 2614-3097
542-Article Text-1053-5-10-20200709.pdf - Published Version
Download (418kB)
turnitin Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda padang.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa di TK Bhakti Bunda Padang kemampuan anak dalam merangkai huruf menjadi kata dan membaca gambar cenderung masih rendah dan belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Sampel penelitian dengan sampling purposive terdiri dari kelas eksperimen 14 orang dan kelas kontrol 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu huruf bergambar, membaca permulaan, eksperimen |
Subjects: | Universitas Adzkia |
Depositing User: | Yofhanda Septi Eirlangga |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:23 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 05:59 |
URI: | https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/10 |