PENGARUH KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHAKTI BUNDA PADANG

Riwayati Zein, Zein and Roza Dahlia, Dahlia and Ana Diana Tonara, Tonara (2020) PENGARUH KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHAKTI BUNDA PADANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (3). pp. 1652-1657. ISSN ISSN: 2614-3097

[thumbnail of 542-Article Text-1053-5-10-20200709.pdf] Text
542-Article Text-1053-5-10-20200709.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of turnitin Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda padang.pdf] Text
turnitin Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda padang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa di TK Bhakti Bunda Padang kemampuan anak dalam merangkai huruf menjadi kata dan membaca gambar cenderung masih rendah dan belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Sampel penelitian dengan sampling purposive terdiri dari kelas eksperimen 14 orang dan kelas kontrol 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kartu huruf bergambar, membaca permulaan, eksperimen
Subjects: Universitas Adzkia
Depositing User: Yofhanda Septi Eirlangga
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:23
Last Modified: 07 Sep 2022 05:59
URI: https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item
View Item