Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Riwayati Zein, Zein and Vivi Puspita, Puspita (2021) Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). pp. 1199-1208. ISSN ISSN: 2549-8959

[thumbnail of 581-4214-2-PB.pdf] Text
581-4214-2-PB.pdf - Published Version

Download (343kB)
[thumbnail of turnitin Model bercerita untuk peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun.pdf] Text
turnitin Model bercerita untuk peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu model pembelajaran bercerita tematik perkembangan bahasa (BTPB) yang dapat peningkatkan keterampilan bahasa anak. Khususnya keterampilan menyimak dan berbicara. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, desaign, development, implementation dan evaluation) dengan empat tahapan penelitian yaitu 1) Tahap Need Analyze; 2) tahap perancangan; 3) tahap pengembangan 4) tahap implimentasi. Validasi prodak dilakukan oleh ahli bahasa, pakar AUD dengan mengunak angket, lembar instrument observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian yaitu TK Adabiah dan TK Adzkia. Responden penelitian terdiri dari 8 orang guru. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh penilaian dari aspek kelayakan, kebahasaan, kegrafikan dan azas manfaat
dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba penelitian penggunaan model BTPB terdapat peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara pada kelas eksperimen dari pada anak
kelas control, dengan demikian model PTPB dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di AUD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bahasa; menyimak; berbicara; model pembelajaran btpb
Subjects: Universitas Adzkia
Depositing User: Yofhanda Septi Eirlangga
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:23
Last Modified: 06 Sep 2022 13:03
URI: https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item