Hendrizal, Hendrizal and Vivi Puspita, Puspita and Riwayati Zein, Zein (2022) Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2). pp. 642-651. ISSN ISSN: 2549-8959
1280-7101-3-PB.pdf - Published Version
Download (346kB)
turnitin Efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu usia 7-8 Tahun.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Hasil
belajar di sekolah dasar khususnya pengetahuan masih rendah. Penelitian ini mengukur
pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada
pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan dalam bentuk quasy eksperimental design. Desain quasy eksperimen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Satu kelas menggunakan model
pembelajaran saintific dan kelas percobaan menggunakan discovery learning. Subjek penelitian
adalah keseluruhan siswa kelas II SD N 26 Jati Utara Kota Padang. Instrumen pengumpulan
data dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t
diperoleh data sebagai berikut. Terdapat perbedan hasil belajar antara siswa siswa yang
menggunakan model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan
pendekatan saintific. Dengan demikian model discovery learning dapat digunakan pada
pembelajaran tematik guna meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; discovery learning; tematik terpadu |
Subjects: | Universitas Adzkia |
Depositing User: | Yofhanda Septi Eirlangga |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 13:07 |
URI: | https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/13 |