PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL LEARNING KELAS 2 SD SWASTA ISLAM TERPADU AR ROYYAN PADANG

Wati, Mega (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL LEARNING KELAS 2 SD SWASTA ISLAM TERPADU AR ROYYAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Adzkia.

[thumbnail of SKRIPSI MEGA WATI 22111353 pdf - Mega Wati.pdf] Text
SKRIPSI MEGA WATI 22111353 pdf - Mega Wati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB (5) Yola Pebriani Silvia.pdf] Text
BAB (5) Yola Pebriani Silvia.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil observasi terlihat siswa sulit memahami teks cerita yang diberikan, kesulitan dalam menjawab pertanyaan pada soal Latihan yang diberikan. Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak siswa menggunakan teknik Visual Learning Kelas 2 SDS IT Ar Royyan Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas II SDS IT Ar Royyan. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan keterampilan kolaborasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi. Perencanaan keterampilan menyimak siswa menggunakan teknik Visual Learning Kelas 2 SDS IT Ar Royyan Padang adalah menggunakan vidio pembelajaran cerita rakyat dari youtube. Pelaksanaan keterampilan menyimak siswa menggunakan teknik Visual Learning Kelas 2 SD IT Ar Royyan Padang adalah menggunakan 2 siklus siklus 1 ada 2 pertemuan dan siklus 2 ada 2 pertemuan juga. Peningkatan keterampilan menyimak siswa menggunakan teknik Visual Learning Kelas 2 SD IT Ar-Royyan Padang. Ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan I mencapai persentase 70 % menggunakan kriteria cukup (C). Ketuntasan siswa naik sedikit menjadi siklus I pertemuan II mencapai persentase 75% menggunakan kriteria cukup (C). Peningkatan mulai menonjol terlihat siklus II pertemuan I mencapai persentase 88 % dengan kriteria baik (B). Peningkatan yang sangat menonjol siklus II pertemuan II mencapai persentase 93 % dengan kriteria baik (B).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Visual Learning, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Hilmi Khairiyah
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:32
Last Modified: 21 Aug 2025 03:53
URI: https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item
View Item